Minggu, 30 September 2012

Pengertian Hardware Dan Jenisnya


Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

A. Perangkat keras pada chassis
1. Central Processing Unit atau biasa di singkat CPU
sample CPU
CPU Merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer. karena merupakan otak dari komputer. CPU  sering di sebut juga dengan Microprocessor atau processor yang disebut pengolahan data dan pengontrolankerja komputer. karena kinerja komputer tergantung dari kinerja processornya.






2. Memory
RAM/ROm
Memory adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah proses oleh processor. Informasi tersebut  dapat berupa perintah atau data.
Memory terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu Memory Internal dan Memory External yang disebut dengan ROOM (Read Only Memory).
A. RAM (Random Access Memory)
RAM adalah  memory yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah atau data pada saat sebua program dijalankan. perintah tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk
B. ROM (Read Only Memory)
ROM digunakan untuk menyimpan perintah data secara tetap. sesuai namanya, komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat pada ROM, misalnya saja perintah yang dijalankan saat pertama kali komputer dihidupkan. perintah tersebut diisikan oleh pabrik komputer pada saat komputer tersebut dibuat.
 3. Motherboard
http://tipsbloging-byrife.blogspot.com
 Motherboard atau sering disebut dengan Mainboard  merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan perangkat-perangkat lain, seperti Memory,Processor,VGA Card,Sound Card,LAN Card dan lain-lain.
Selain dilengkapi dengan slot-slot, motherboard juga dilengkapi dengan jalur-jalur koneksi yang memungkinkan perangkat-perangkat tersebut berkomunikasi setu sama lainnya.







4. Harddisk

Harddisk
Hardisk merupakan media penyimpanan dengan kapasitas yang paling besar. harddisk digunakan dengan tujuan sebagai tempat penyimpanan data yang digunakan komputer







5. VGA Card
VGA  Card adalah perangkat komputer yang berfungsi mengubah ssinyal digital menjadi sinyal gambar. CGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar.
 6. Sound Card

Sound card adalah perangkat komputer yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Sound Card memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk suara pada speaker.
B. Perangkat Input

Perangkat input adalah perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data yang akan diproses. perangkat input yang biasa di gunakan dalam komputer diantaranya adalah:
  • Keyboard
      Keyboard merupakan perangkat input yang berfungsi untuk memasukan huruf, angka dan karakter khusus
 
  •             Mouse 


Mouse adalah input yang device yang berfungsi untuk menggerakkan pointer atau kursor secara cepat.

  •        Micropone


Microphone berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara kedalam komputer
  • Webcam
Berfungsi untuk mengambil gambar/video

  • Scanner





Scanner digunakan untuk memindai gambar/file


 C. Perangkat Output
Perangkat Output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan perintah dan data yang telah diproses. perangkat input yang biasa digunakan dalam komputer diantaranya adalah:

  • Monitor


Monitor berfungsi untuk menampilkan data, intruksi dan informasi dalam bentuk teks, grafir atau gambar.

  • Speaker

Speaker berfungsi menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.

  • Printer
Printer adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data/ informasi dari komputer ke kertas

5 komentar:

  1. Keyenn bantett broww. hahahhah

    BalasHapus
  2. Kaulah yang pertama yang memberi aku cinta
    Genggamlah tanganku yakinkan kita bersatu
    Kaulah yang pertama yang membuatku terpana
    Ku ingin kau hadir di setiap anganku
    Ku ingin kau ada di setiap langkahku

    Sumber : http://www.liriklagumuzika.com/2014/02/lirik-lagu-sedetik-virgin.html#ixzz3Kd4yCrOq

    BalasHapus
  3. ada sumbernya gak bro, kalau boleh tau, biar agak jelas referensinya, thanks :)

    BalasHapus
  4. Bagus banget gan postnya.. in loh Pengertian hardware sip (y)

    BalasHapus